Jumat, 04 Maret 2016

Karya Ilmiah Peluang Bisnis Coffee Shop

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Karya Ilmiah Peluang Bisnis
“Coffee Shop”





­Di Susun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Lingkungan Bisnis

Oleh:
Adi Bayu Utomo (15.11.9257)



S1-Teknik Informatika




Abstrak

          Kopi, sekarang bukan hanya untuk kalangan tua saja. Tetapi kini penikmat kopi sudah mulai merambah ke para remaja, baik pria maupun wanita sudah mulai menyukai kopi. Oleh karena itu, bisnis Coffee Shop akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika pada coffee shop kita memiliki fasilitas lengkap agar konsumen betah berlama-lama dan datang lagi ke coffee shop kita.
          Coffee Shop ini nantinya akan dibangun pada tanah yang luas disertai dengan tempat yang strategis, seperti di dekat kampus, kantor, ataupun perkotaan. Sehingga konsumen yang selesai bekerja bisa melepaskan penat di coffee shop dan mahasiswa yang memiliki tugas-tugas juga bisa memanfaatkan fasilitas wifi yang disediakan dengan ditemani kopi dengan varian rasa sesuai selera.
         



ISI

Maksud dan Tujuan
          Maksud dan tujuan dari Karya ilmiah ini adalah untuk mengidentifikasi pemasaran Coffee Shop di tempat-tempat strategis.

Landasan Teori
          Marketing mix adalah suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Marketing mix terdiri dari 4P, yaitu product, price, place, dan promotion (Kotler, 2000)

Product
          Produk dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu barang fisik, jasa, dan gagasan. Kriteria produk meliputi product variety, quality, design, features, brand name, packaging, sizes, services, warranties, dan returns (Kotler, 2000).

Harga
          Komponen harga meliputi list price, discounts, allowances, payment period, and credit terms (Kotler, 2000).

Tempat
          Bertujuan untuk menjamin ketersediaan produk, sehingga customer mudah dalam mendapatkan produk yang meliputi channels, coverage, assortments, locations, inventory, dan transport (Kotler, 2000).

Promosi
          Promosi produk merupakan cara perusahaan untuk melakukan komunikasi marketing. Marketing communication mix terdiri dari 4 komponen utama yang saling berkaitan yaitu: advertensi (periklanan), promosi penjualan, public relations, dan personal selling (Sampurno, 2009). Komponen promosi meliputi sales promotion, advertising, sales force, public relations, dan direct marketing (Kotler, 2000).


Kesimpulan
         
Coffee shop adalah peluang bisnis yang menjanjikan jika tahu cara mengembangkannya, tentu bukan hanya kopinya yang nikmat. Tetapi dari segi fasilitas, tempat yang nyaman serta strategis menjadi daya Tarik yang kuat bagi konsumen coffee shop. Berikut ini adalah hal yang diperhatikan dalam bisnis ini.
          Perencanaan bisnis adalah langkah awal dalam membangun bisnis ini, tanpa perencanaan tentu seperti rumah tanpa pondasi. Kemudian konsep harus jelas, karena konsep tersebut akan memudahkan dalam membangun bisnis coffee shop. Setelah konsep matang, maka selanjutnya adalah interior. Interior yang baik akan membuat konsumen betah, maka dari itu penataan meja, kursi dan warna harus pas.
          Dalam usaha coffee shop dibutuhkan dana yang tidak sedikit, mengingat segala fasilitas yang akan memanjakan konsumen. Pemasaran diperlukan dalam bisnis, karena pemasaran yang baik akan memancing konsumen untuk datang.



Referensi

Kotler, P., dan Keller, K.L., 2008, Manajemen Pemasaran Edisi 12, Cetakan III, Alih Bahasa oleh Benyamin Molan, 5-24; 177-183.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar